Moons-Orchid-Kebun
Moons-Orchid-BUKU-1001

Hibrida

Spesies

Buku 1001 Anggrek Spesies
889103
hari ini
Total
33
889103

Published in Galeri Unik

Anggrek Paphiopedilum-Kantong yang Menyimpan Gosip

Paphiopedilum_concolor

  Tentu saja kalau melihat  tanaman anggrek  spesies ini sedang berbunga orang akan langsung faham, kenapa dia bernama Kantong Semar. Yaa, bunganya  dimonopoli oleh lipnya yang berbentuk kantong.

Nah, si kantong inilah yang banyak kisahnya.  Banyak pengunjung kebun Moon’s Orchid, yang begitu melihat si kantong lalu bertanya ”Bu, ini anggrek yang memakan serangga, ya?”

Memang. Saya pun lama membayangkan kantong itu memancing serangga yang hinggap pada bunga itu. Penjelasan ilmiahnya waktu  itu (setengah maksa sih): tubuh serangga  malang itu dilarutkan dan dicerna oleh cairan yang ada dalam kantong, hingga kemudian bisa diserap dan dibagikan ke seluruh bagian tanaman.

Kenyataannya, si Kantong Semar tidak memakan serangga. Serangga itu hanya  ”dijebak,” hingga terperosok  masuk ke dalam kantong, dan saat merayap keluar ia membawa polen dan "meletakkannya" pada putik hingga terjadilah penyerbukan.

Kisah lain, konon, di beberapa daerah asli anggrek spesis ini, Paphiopedilum dikenal sebagai obat kuat untuk pria. Entah karena kantongnya, entah karena unsur kimia yang dikandungnya. Belum ada penjelasan ilmiah  tentang itu. Namanya juga gosip...

Penulis: Mazna Hashim  

Foto: Alia Felicia   

Moons-Orchid-Koleksi-Artikel
Moons-Orchid-kunjungan-visiting-appointment
Moons-Orchid-Koleksi-pribadi
Anggrek Terbesar dan Terkecil di DuniaAnggrek Chiloschista-Si mungil, yang Tak Berdaun, Tidak pula BerbatangMemilih Tanaman Anggrek yang CocokYang Sering Ditanyakan kepada  Moon’s OrchidAnggrek Paphiopedilum-Kantong  yang  Menyimpan GosipBudidaya Tanaman Anggrek OncidiumAnggrek Rhinchostylis retusaBudidaya Tanaman Anggrek  CattleyaAnggrek Anguloa-Si Cantik yang Menutup Diri