Moons-Orchid-Kebun
Moons-Orchid-BUKU-1001

Hibrida

Spesies

Buku 1001 Anggrek Spesies
872957
hari ini
Total
328
872957

Published in Budidaya Anggrek

Budidaya Tanaman Anggrek Oncidium

Budidaya Oncidium

Oncidium adalah tanaman anggrek yang  tidak sulit dirawat dan bahkan gampang diperbanyak karena rajin bertunas. Atau bahasa kerennya Oncidium adalah anggrek simpodial.

Aslinya tanaman anggrek ini memang dari luar negeri, kebanyakan dari Amerika Latin.  Namun, banyak Oncidium hibrida yang ada di Indonesia adalah pilihan yang cocok untuk wilayah panas, misalnya yang ada di Moon’s Orchid.Copy_of_Onci_Royal_Robe_k

Seperti tanaman anggrek lainnya, Oncidium memerlukan:

Sirkulasi udara yang bagus. Udara yang bergerak itu membuat tanaman merasa sejuk, membantu penguapan untuk menghilangkan kelebihan air pada medianya, serta mengantarkan unsur2 yang diperluka untuk berasimilasi.

Temperatur yang disukai Oncidium adalah antara 25* -32* C.

Penyiraman yang teratur. Tanaman anggrek ini menghendaki penyiraman setiap hari, kecuali di musim hujan.

Pemupukan sekali 2 minggu dengan takaran yang tertera pada kemasan pupuk, atau sekali seminggu dengan larutan lebih encer.  Pupuk yang digunakan adalah pupuk majemuk  dengan unsur utama NPK.Tanaman dewasa memerlukan pupuk dengan unsur P dan K yg lebih tinggi daripada unsur N. Tanamanmuda memerluka unsur N yang lebih tinggi.

Kelembapan juga merupakan kebutuhan utama tanaman anggrek. Kelembapan dapat ditingkatkan dengan membasahi tempat di sekeliling tanaman anggrek itu.

Sinar matahari juga diperlukan Oncidium, apalagi untuk berbunga.  Namun, Oncidium tidak menyukai sinar matahari sebanyak Dendrobium, Vanda, bahkan Cattleya.   Untuk mendapatkan sinar ”remang2,”  (sekitar 30-40 %) kita dapat menempatkan Oncidium di bawah bayangan  pohon atau bangunan.

Oncidium (1)

Jadi, dengan sedikit halaman  atau teras yang teduh,  kita dapat menikmati indahnya Oncidium.

Selamat Mencoba! 

Moons-Orchid-Koleksi-Artikel
Moons-Orchid-kunjungan-visiting-appointment
Moons-Orchid-Koleksi-pribadi
Anggrek Rhinchostylis retusaAnggrek Paphiopedilum-Kantong  yang  Menyimpan GosipAnggrek Chiloschista-Si mungil, yang Tak Berdaun, Tidak pula BerbatangBudidaya Tanaman  Anggrek Catasetum csAnggrek Anguloa-Si Cantik yang Menutup DiriBudidaya Tanaman Anggrek  CattleyaBudidaya Tanaman Anggrek OncidiumPemupukan Anggrek-Dendro MiniMengatasi Keong di Nurseri Anda