Moons-Orchid-Kebun
Moons-Orchid-BUKU-1001

Hibrida

Spesies

Buku 1001 Anggrek Spesies
872957
hari ini
Total
328
872957

Published in Tips n Tricks

Pemupukan Anggrek-Dendro Mini

Perawatan  Dendrobium mini, tidaklah beda dengan perawatan kakaknya, Dendrobium ”normal.” Mereka dapat ditanam di pot dengan media standar,  atau dilengketkan pada sepotong kayu,  dengan memperoleh sinar matahari 40-60 %, serta  penyiraman dan pemupukan secara teratur.

Tanaman anggrek ini  mudah menyesuaikan diri dengan  lingkungannya. Jadi, kita pun tidak harus  memasang paranet dengan prosentasi keteduhan 60% atau 40%, bila   halaman kita tak memungkinkan. Tanaman anggrek  Dendro  mini ini  akan betah dan berbunga dengan berada di bawah sedikit kerindangan pohon atau tanaman lebih besar, serta juga di teras rumah.

Penyiraman secara teratur dan pemupukan juga mereka perlukan, sebagaimana tanaman anggrek lainnya. Umumnya  untuk tanaman anggrek kami gunakan pupuk majemuk, yaitu pupuk yang terdiri dari 3 elemen utama NPK, serta unsur mikro lainnya. Pupuk- pupuk ini   banyak tersedia  di pasar, baik yang berupa tepung maupun cairan.  Biasanya pada kemasannya,  selain takaran yang dianjurkan,  tercantum  komposisis NPK dengan angka perbandingan, misalnya  NPK 30:10:10; NPK 10-10-10; atau NPK 10:30:30. Unsur N  (Nitrogen)  diperlukan tanaman anggrek untuk pertumbuhan, sedangkan P (Phosphor) dan K (Potasium, atau Kalium) bergna untuk pembentukan akar dan pembungaan. Encerkan pupuk ini dengan air sesuai takaran yang dianjurkan dan semprotkan pada seluruh bagian tanaman anggrek, kecuali bunganya.  Ingat, daun pun dapat menyerap air dan pupuk.

Pada tanaman anggrek Dengrobium mini yang masih muda dan sedang tumbuh,  kami gunakan pupuk majemuk dengan komposisi perbandingan N yang tinggi. Bila tanaman anggrek kita telah tumbuh subur namun belum juga berbunga, kita dapat menggunakan pupuk dengan komposisi P dan K yang tinggi. Sementara untuk  tanaman anggrek Dendrobium mini yang sudah tumbuh sehat -- dan yang sifatnya rajin berbunga itu—kami sarankan gunakan pupuk dengan berbandingan seimbang.

 Penyiraman dan pemupukan tanaman anggrek sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum terik, atau sore sebelum matahari terbenam.

Ada tambahan  nasihat: ”lebih baik sering memupuk dengan larutan lebih encer, ketimbang jarang memupuk tapi dengan konsentrasi pupuk lebih tinggi.

Selamat menanam anggrek. Pasti tidak mengecewakan.

Penulis: Mazna Hashim

Moons-Orchid-Koleksi-Artikel
Moons-Orchid-kunjungan-visiting-appointment
Moons-Orchid-Koleksi-pribadi
Anggrek sebagai ObatAgar Anggrek Bulan Cepat Berbunga LagiBudidaya Tanaman Anggrek  CattleyaHibrida intergenerikYang Sering Ditanyakan kepada  Moon’s OrchidBudidaya Tanaman  Anggrek Catasetum csCattleya di Teras RumahAgar Vanda Rajin BerbungaAnggrek Anguloa-Si Cantik yang Menutup Diri