Moons-Orchid-Kebun
Moons-Orchid-BUKU-1001

Hibrida

Spesies

Buku 1001 Anggrek Spesies
872579
hari ini
Total
45
872579

Published in Tips n Tricks

Memilih Tanaman Anggrek yang Cocok

den_bracteosum1Untuk meningkatkan keberhasilan Anda dengan tanaman anggrek, ada beberapa hal dasar yang layak dijadikan acuan.

  • Pertama, tentukan dulu pilihan Anda: anggrek hibrida atau spesies. Tanaman anggrek hibrida lebih mudah menyesuaikan diri, dibandingkan anggrek spesies. Tanaman anggrek hibrida lebih ”rajin” berbunga ketimbang saudaranya, si spesies.
  • Pilihlah anggrek, hibrida atau spesies, yang habitat aslinya sesuai dengan lingkungan Anda. Misalnya, bila Anda berada di wilayah panas, pilihlah tanaman anggrek yang berasal dari daerah panas. Sedikit perbedaan tidak masalah, karena tanaman anggrek mampu menyesuaikan diri. Tapi jangan memilih tanaman anggrek  yang berasal dari daerah dengan perbedaan ekstrim, karena Anda akan  perlu perjuangan keras untuk berhasil. Dan  bila  Anda gagal, Anda akan kecewa dan bilang “anggrek memang susah dirawat.” Tentu saja  ini tidak adil bagi peranggrekan. Kalau tanaman anggrek dari kampung yang dingin dan asri, Anda pindahkan ke kota kita yang panas dan pengap, tentu saja dia menderita. Apalagi disuruh berbunga, bertahan hidup saja sudah megap-megap.
  • Jangan membeli tanaman anggrek sakit, atau dalam kondisi buruk akibat kurang gizi, atau salah urus, kecuali Anda pakar.
  • Belilah tanaman anggrek dari penjual yang bertanggung jawab. Minta informasi tentang kebutuhan tanaman tsb: a/l berapa kebutuhan sinar mataharinya, kebutuhan airnya.
  • Jangan segera memindah-pot (repotting) tanaman anggrek itu, kecuali dalam keadaan darurat.
  • Sabar! Jangan pula membelah tanaman anggrek yang baru dibawa pulang. Beri kesempatan tanaman anggrek itu menyesuaikan diri di lingkungan barunya. Tidak luka saja sudah berat, apalagi dibelah-belah. Jangan tambahi beban, dengan penyesuaian diri dalam keadaan luka, akibat pindah pot dan pembelahan.
  • Yang dapat disarankan: mandikan tanaman dengan air bersih mengandung fungisida. Siram medianya dengan banyak air bersih untuk menghanyutkan ’hal-hal yang tidak diperlukan.’
  • Beri kesempatan media mengering sebelum saat penyiraman berikut.
  • Letakkan dulu tanaman anggrek itu di tempat teduh beberapa hari, baru kemudian  pindahkan secara bertahap ke tempat yang ”katanya” sesuai dengan habitatnya.

Selamat mencoba! Kalau sudah berhasil, bagi ceritanya, ya. Terima kasih. 

More in this category: Pemupukan Anggrek-Dendro Mini »
Moons-Orchid-Koleksi-Artikel
Moons-Orchid-kunjungan-visiting-appointment
Moons-Orchid-Koleksi-pribadi
Anggrek Rhinchostylis retusaMengatasi Keong di Nurseri AndaAnggrek Chiloschista-Si mungil, yang Tak Berdaun, Tidak pula BerbatangMemilih Tanaman Anggrek yang CocokAgar Vanda Rajin BerbungaAnggrek Paphiopedilum-Kantong  yang  Menyimpan GosipHibrida intergenerikPemupukan Anggrek-Dendro MiniAgar Anggrek Bulan Cepat Berbunga Lagi